Wednesday, July 23, 2008

Kembali Menjalin Silaturahmi dengan Kyai

Salatiga malam hari tetep dingin! Dua malam, dua kali hujan. Jadi bingung nih, sekarang tuh musim hujan apa musim kemarau sih?
Ya jelas kemarau lah! Gitu aja pake tanya
+ Tapi tadi malem kok ujan yah?
- Menegetehe

Yupz, jawaban yang singkat padat jelas, jelas tak berisi jawaban yang diharapkan.

Alhasil silaturrahmi pertama kali, sowan ke kedua orang sepuh:

1.Mbah Tamrin, Tingkir Tengah
Sowan ke Mbah Tam dapet cerita buanyak buanget. Mulai dari anak2nya yang pada sukses (ada yang nakal juga sih), trus cerita masa kecilnya Bapakku, Ibuku, dlsb. Simbah pesen secara tersirat, hafal al-quran itu memberi barokah. Itu kesimpulanku sendiri dari ceritanya Mbah Tam sendiri, setelah ngobrol panjang lebar tinggi sama dengan volume kubus (hehe :D), tentang Bapak saha Ibu ingkang sampun hapal al-quran 30 juz komplit bil ghoib. Bapak yang hapal al-quran tapi bukan dari keluarga berduit, dan Ibu yang hapal al-quran, berduit tapi ndak berijazah pendidikan formal kecuali pendidikan dasar. Hasil dari kerja keras dan keikhlasan, nama Bapak lan Ibu tersohor di kalangan pesantren dan kyai.

2.Mbah Kyai Munawwir, Ponpes Nazzalal Furqon Tingkir.
Mbah Kyai Munawir sudah tidak asing lagi di kalangan kaum sarungan di Salatiga dan sekitarnya. Maklum, beliau ini adalah kyai quran yang paling senior di Salatiga, sekaligus mursyid thoriqoh, makanya beliau sangat disegani lan dihormati. Aku sebagai mantan santrinya, sowan ke Mbah Munawwir. Tanya2 orang Tingkir juga, mana sih daleme Mbah Kyai Munawwir? Ada di gang Seroja dik. Ooo, gang seroja toh. Setelah jalan pelan2, sempet denger orang ngaji kitab lewat pengeras suara, trus aku masuk gang. Ternyata bukan di situ asal suaranya, masih jauh. Itu artinya: aku nyasar. Dasar bodoh, insting pendengaran n penglihatan kalo udah malem hari udah loyo. Lah namanya juga lupa je..

Sampailah di kediaman Mbah Munawwir, lalu disambut oleh beliau dan Bu Nyai. Tahu apa kata beliau? ‘Loh, wes telung tahun to iki?’

Aku malah tambah heran, ini tahun 2008 bener kan? bukan 2005? Ya iyalah Mbah Kyai… Artinya, Mbah Munawwir sendiri udah pangling, dikiranya Uut ini baru kemaren pamit mau berangkat ke Kairo. Ealah Mbah Kyai..

Ngobrol sama Mbah Kyai buanyak banget. Dari pengalaman masa mudanya beliau, lalu cerita para wali yang beliau kenal. Yang paling lama, ya cerita waktu haji n maen di Mesir. Lama buanget. Trus aku nyuwun pangestu lan nyuwun didongakne, mugi2 kuliahe lancar, tahun ngajeng saget lulus (Amin!).

Lama kunjungan: 4 jam. Rincian: ba’da maghrib langsug ke Mbah Tamrin sampe jam 8, trus estafet ke Mbah Munawwir sampe jam 10 lebih.
Status: kedinginan. Musim kemarau di Salatiga ndak ngefek kalo malem.
Kesehatan: alhamdulillah kenyang, di rumah Mbah Tamrin makan pake bakso lauk ayam goreng, di rumah Mbah Munawwir dipaksa makan, akhirya nyomot telur goreng n sayur tahu tumpang lauknya nasi. hehehe:D.

1 comment:

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]buy new photoshop, [url=http://firgonbares.net/]cheap microsoft office 2000[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] ms office recovery software where to buy cheap software
server store software [url=http://firgonbares.net/]software microsoft word[/url] adobe air software
[url=http://firgonbares.net/]windows media player for vista[/url] adobe acrobat 9 key torrent
[url=http://firgonbares.net/]were to buy photoshop[/url] www macromedia com software flashplayer7
adobe photoshop cs4 extended torrent [url=http://firgonbares.net/]10 Titanium Pro[/b]